Selamat Datang Di Stemza.blogspot.com...Enjoy your trip...

Minggu, 28 Juni 2015

Pencacah Up/Down Menggunakan JK Flip-Flop

Lanjutan dari posting sebelumnya tentang pencacah modulus 8 menggunakan JK flip-flop kali ini saya akan memberikan tulisan tentang pencacah up/down menggunakan JK flip-flop.
Dalam hal ini pencacah juga disebut counter. 

Penggunaan counter adalah untuk menghitung banyaknya detak pulsa dalam waktu yang tersedia (pengukuran frekuensi), membagi frekuensi dan penyimpan data seperti dalam clock digital, dan dalam pengurutan alamat serta dalam beberapa rangkaian aritmatika.


Pencacah ini dapat menghitung naik (up counter) yang menghitung dari bilangan yang kecil ke bilangan yang lebih besar, juga dapat menghitung turun (down counter) yang menghitung dari bilangan yang besar ke bilangan yang lebih kecil.

Berikut rangkaian Up/Down Counter menggunakan proteus.


jadi rangkaian ini mempunyai switch selector, apa itu switch selector? yang digunakan untuk memilih dan pengatur apakah rangkaian akan menjadi counter up atau counter down. Jadi didalam rangkaian keseluruhan counter up/down sinkron modul 16 mempunyai tiga sistem rangkaian utama, yaitu rangkaian counter itu sendiri yang terdiri dari JKFF, rangkaian logika pembuat pencacahan naik (gambar dibawah, gerbang and berada diatas JKFF), dan rangkaian logika pembuat pencacahan turun (gambar diatas, gerbang and berada dibawah JKFF).

Rangkaian diatas adalah cara sederhananya, apabila switch selector pada posisi on, maka logika tersebut akan diteruskan kedalam gerbang logika "and" yang berada diatas JKFF  (lihat gambar diatas) yang akan membuat counter menjadi up atau pencacah naik, sehingga membuat gerbang "and" yang ada dibawah JKFF seolah-olah mengeluarkan logika 0 atau tidak berfungsi.

Sedangkan rangkaian diatas adalah cara sederhana apabila bit selector berlogika 0, maka logika tersebut akan diteruskan kedalam gerbang logika "and" yang ada dibawah JKFF (lihat gambar diatas) yang akan membuat counter menjadi down atau pencacah turun, sehingga membuat gerbang "and" yang ada diatas JKFF seolah-olah mengeluarkan logika 0 atau tidak berfungsi.

Terimakasih atas kunjungan anda..







0 komentar:

Posting Komentar